Proses Import Barang dari China Bersama ETERA Trade

Proses Import Barang dari China

Seberapa sering sih kamu selalu membuka Youtube, Google untuk mencari informasi seputar proses import barang dari China?

Karena saat ini banyak sekali para orang-orang yang memulai bisnis memilih barang-barang yang ada di China serta para supplier-supplier besar juga mencari barang dari China.

China dalam beberapa tahun terakhir ini selalu berinovasi mulai dari industri manufaktur. Sesuai data CNBC negara China produk domestik bruto (PDB) telah melonjak lebih dari dua kali lipat dalam satu dekade, dari US$ 8,54 triliun menjadi US$ 17,89 triliun pada akhir 2022. Sebagian besar pertumbuhan tersebut ditopang oleh sektor manufaktur yang membuat China menjadi perekonomian terbesar kedua dunia setelah Amerika Serikat (AS) sejak 2010 silam. 

Hal ini lah yang menjadi salah satu faktor kenapa barang-barang di China itu selalu inovatif dan harganya selalu terjangkau.

Selain itu produk-produk dari China juga menyediakan beberapa macam kategori mulai dari Elektronik, Kebutuhan Rumah Tangga, Sepatu, Tas dan masih banyak lagi. Hal ini lah yang membuat para pebisnis melirik produk-produk China. Secara logika memang barang-barang tersebutlah yang bisa di jual belikan dengan keuntungan yang lumayan.

Lalu pertanyaanya bagaimana Proses Import Barang dari China? Simak artikel ini sampai habis! 

Baca juga : Cara Memilih Forwarder China

Penjelasan Umum Proses Import : 

Proses impor secara umum dimulai ketika para importir melakukan pemesanan barang dari supplier di luar negeri, baik melalui marketplace, pabrik, atau agen distribusi. Setelah pemesanan, dilakukan negosiasi terkait harga, jumlah barang, serta syarat pengiriman seperti metode pembayaran. Setelah mencapai kesepakatan, supplier menyiapkan dokumen seperti invoice, packing list, nantinya barang akan di kirim ke agen China dan nantinya akan 

Menghubungi Supplier

Langkah pertama yang dilakukan oleh importir adalah menghubungi supplier dari platform seperti Alibaba, 1688, Taobao atau marketplace lainnya di China. Setelah menemukan produk yang diinginkan, importir akan melakukan pemesanan kepada supplier tersebut. Jika kamu kesulitan saat proses transaksi dengan supplier di China kamu bisa menghubungi ETERA Trade nantinya kami akan membantu melakukan pemesanan.

Supplier Menyiapkan Barang

Setelah menerima pesanan, supplier akan menyiapkan barang sesuai dengan permintaan dan sesuai Pre order yang telah dibuat. Selanjutnya proses ini akan melibatkan pengecekan ketersediaan stok dan pengemasan barang agar siap dikirim.

Pengiriman ke Gudang China

Barang yang sudah disiapkan oleh supplier kemudian akan dikirim ke gudang ETERA Trade yang berada di wilayah China, baik di Guangzhou maupun Yiwu. Barang akan diperiksa dan dikonsolidasikan sebelum dikirim ke Indonesia.

Proses Pengiriman ke Indonesia

Barang yang sudah tiba di gudang ETERA Trade di China akan segera dikirim ke Indonesia. Pengiriman ini bisa dilakukan melalui jalur laut atau udara, tergantung pada pilihan yang diambil oleh importir. Estimasi pengiriman Via Laut yaitu 3-5 Minggu dan untuk Jalur Udara 7-10 Hari.

Tiba di Indonesia

Setelah melalui perjalanan, barang akan tiba di Indonesia. ETERA Trade akan mengurus seluruh proses bea cukai dan kemudian mengirimkan barang ke gudang ETERA Trade di Jakarta.

Pengiriman ke Importir

Setelah barang tiba di gudang ETERA Trade Jakarta, barang akan segera dikirim ke alamat importir. Importir bisa mendapatkan layanan pengiriman gratis untuk area Jakarta dengan Minimal Pengiriman 0,5 CBM.

Barang Tiba di Alamat Importir

Langkah terakhir, barang sampai di alamat importir, dan proses impor selesai. Importir dapat menerima barang dengan aman dan siap untuk dijual atau digunakan sesuai kebutuhan.

Berapa Lama Estimasi Import?

Estimasi waktu import bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti metode pengiriman, jarak antara negara asal dan negara tujuan, jika pengiriman dari China-Indonesia estimasi perkiraan waktu untuk beberapa metode pengiriman:

  • Pengiriman Laut (Sea Freight)

Pengiriman laut biasanya memakan waktu lebih lama, dengan estimasi sekitar tergantung pada rute dan jenis kapal yang digunakan. Pengiriman dari China ke Indonesia, biasanya membutuhkan waktu 3-6 minggu.

  • Pengiriman Udara (Air Freight)

    Pengiriman udara lebih cepat, dengan estimasi waktu sekitar 7-10 hari, namun biaya pengiriman biasanya lebih tinggi.

Dengan mengikuti prosedur di atas, ETERA Trade memastikan proses impor barang dari China menjadi lebih mudah dan efisien. Bagi importir, layanan ini sangat membantu dalam mengatasi berbagai kendala yang sering muncul dalam proses impor, seperti pengurusan bea cukai dan pengiriman antar negara.

Optimalkan bisnis import dengan layanan lengkap dari ETERA Trade. Hubungi kami sekarang untuk konsultasi gratis dan temukan bagaimana kami dapat membantu Anda mengimpor barang dari China dengan mudah dan aman. KLIK GAMBAR DIBAWAH INI

ETERA Trade : Jasa Import China

 

Author : Aldi Maulana H

Digital Marketing Specialist at ETERA Trade

Share

Facebook
Twitter
LinkedIn
Pinterest